Sabtu, 10 November 2012

Pecel Lele

Siapa tak kenal dengan "Pecel Lele", Hampir semua rakyat Indonesia Menyukai makanan khas Jawa Tengah ini. Pecel lele itu terbuat dari ikan Lele, ya ia lah masa terbuat dari ikan mas. ngaco deh!!!
biasanya Pecel Lele sangat cantik jika di sertai dengan sambal tomat, serta lalapan seperti Timun, Kol, Kemangi, dan lain lainnya. Pecel Lele adalah makanan yang sangat murah meriah. Oleh sebab itu saya sangat menyukai makanan ini.Karena yang membedakan makanan ini adalah sambalnya.Disetiap tempat pecel lele pasti mempunyai ciri khas sambal tesendiri,karena sambal yang menjadi daya tarik pecel lele.

Bahan bahan :
2 ekor ikan lele
1 sdm ketumbar
1 siung bawang putih
2 cm kunyit
½ sdm garam
Lalapan :
2 buah tomat, belah 4
1 buah mentimun, iris serong
6 pucuk daun kemangi, ambil daunnya
8 lembar daun poh-pohan

Cara membuat :
1. Bersihkan ikan lele, belah bagian perutnya, lalu buang isi perut dan insangnya. Cuci ikan hingga bersih dan tidak berlendir lagi.
2. Aduk lele dengan bumbu halus. Diamkan selama ½ jam agar bumbu meresap.
3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, masak ikan lele, goreng dengan api sedang hingga agak kering dan matang, angkat.
4. Sajikan lele sebagai lauk nasi putih atau nasi uduk dengan pelengkap sambal terasi dan lalapan.

Sambal Pecel Lele:
5 buah cabe merah besar, goreng
10 buah cabe rawit, goreng
2 buah tomat, goreng
4 siung bawang putih, goreng
2 siung bawang merah, goreng
4 buah kemiri, goreng
1 sdt air jeruk limau/nipis
1 sdt garam


maanfaat kalau kita makan lele :
 
sangat berguna untuk pengobatan yaitu pengobatan penyakit kencing manis,impoten,hepatitis,dan ambeien.Karena lele mengandung protein sekitar 17% dan memilika berbagai macam asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.Selain itu lele juga bagus untuk pertumbuhan anak sehingga anak terhindar dari cold sore dan virus herpes.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar