Jumat, 16 November 2012

HEWAN ULAT BULU








SIKLUS HIDUP ULAT BULU

hai kawan.kali ini saya sebagai penulis akan membahas tentang ulat bulu.pasti anda tau semua kan tentang binatang kecil satu ini?disini saya akan membahas tentang hidup ulat bulu mulai dari dia lahir,bertahan hidup,berkembang biak dan mati,tapi ada satu lagi yaitu tentang keunikan makhluk hidup yang satu ini


Ulat bulu· merupakan Organisme Penggangu Tumbuhan (OPT) yang bisa menyebabkan kerusakan fisik pada tanaman. Ulat bulu yang merupakan salah satu hama pertanian yang merugikan, dikarenakan sangat rakus dalam mengkonsumsi daun tanaman atau bersifat herbivora.. Hewan ini aktif pada malam hari atau sering dikenal dengan nama hewan nokturnal. Namun Ulat bulu ini bukan OPT yang masuk dalam list Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) sehingga serangan ulat tidak membahayakan·
.Ulat bulu merupakan hama yang rakus mengkonsumsi daun sehingga banyak merugikan petani. Asal-usul etimologi ulat bulu berasal dari awal abad 16. Nama ulat bulu atau caterpillars berasal dari bahasa Prancis lama yaitu catepelose yang berarti kucing (cattus: bahasa Latin) dan pelose yang artinya bulu.
Ulat bulu juga memiliki nama sebutan yaitu geometrids atau inchworms karena cara hewan ini bergerak seolah mengukur bumi. Ulat bulu memiliki tubuh lunak yang bisa menumbuhkan bulu dengan cepat.
Di tubuhnya, hanya bagian kepala yang keras. Ulat bulu memiliki rahang kuat dan tajam untuk mengunyah daun. Namun, bagi ulat bulu dewasa, rahang mereka cenderung lebih lembut. Di balik rahang, ulat bulu memiliki fitur pemintal yang bisa memproduksi sutra.
Beberapa larva dari ordo Hymenoptera (semut, lebah dan tawon) memang seringkali tampak seperti ulat bulu dari ordo Lepidoptera. Kedua hal tersebut berbeda hanya di bagian perut. Selain itu, ulat Lepidoptera memiliki jahitan berbentuk Y di bagian depan kepala.
Untuk memudahkan penjelajahan Bumi, ulat bulu memiliki warna buram dan menyerupai tanaman yang mereka makan. Bahkan, mereka juga memiliki bagian tubuh yang bisa menyerupai duri tanaman. Ukuran ulat bulu bervariasi yaitu 1 milimeter hingga 2 inci. Bahkan, mereka seringkali terlihat seperti kotoran burung.
PERKEMBANGBIAKAN ULAT BULU:



salah satu faktor yang menyebabkan penyebaran hama ulat bulu adalah cuaca. Cuaca yang lembab sangat mendukung perkembangbiakan serangga tersebut.
Hal tersebut dibenarkan oleh Peneliti Hama dan Penyakit Tumbuhan Universitas Brawijaya, Abdul Latief Abadi. Dia  menyatakan, serangan ulat bulu yang terjadi di Probolinggo diakibatkan karena kelembaban alam. Turunnya hujan secara terus menerus mengakibatkan cuaca menjadi lembab. Hal tersebut yang memicu perkembangan ulat bulu. Gejala tersebut bisa terjadi pada serangga apa pun.
“Ulat bulu ini, ada tetapi tidak sebanyak sekarang. Biasanya dia musiman. Dugaan kami ini adalah anomali musim. Cuaca yang terus menerus hujan menyebabkan kelembaban sangat tinggi. Kita sudah mengabaikan masalah lingkungan. Kita sudah terlalu fokus bagaimana menyediakan pangan lebih banyak, sehingga lingkungan ini tidak lagi alami seperti dulu,” papar Abdul Latif.


Ada beribu ribu jenis ulat bulu diseluruh dunia,tetapi saya akan membahas tentang ulat bulu yang paling beracun tetapi sangat cantik warnanya.
10 ulat bulu yang paling beracun di dunia:


1. The Saddleback Caterpillar

Ulat yang cantik, tapi hati-hati jika agan terkena racunnya maka akan terjadi pembengkakan, rasa mual dan ruam selama berhari-hari. Ulat ini tergolong rakus dan memakan segala jenis tanaman, dan terdapat di taman, pot bunga, kebun dll.

2. The Cinnabar Moth Caterpillar

Ini ulat masih tergolong ulat yang rakus, tetapi jika dia kehabisan bahan makanan maka yg terjadi adalah saling kanibalisme antara sesama ulat. Jelas untuk mempertahankan hidup ulat ini dibekali senjata racun yang cukup mematikan bagi mangsanya. Kalau tersentuh manusia maka racun tersebut membuat kita gatal dan ruam sekujur tubuh.

3. The Monarch Caterpillar

Ulat yang lucu berwarna kuning bergaris hitam dan putih, jika ulat in isudah menetas tidak terlihat kasat mata karena saking kecilnya. Ulat ini tumbuh sangat cepat, ia memiliki panjang rata2x 2 inch. Ulat ini memang indah tetapi sangat beracun. Jika sudah menjadi kupu-kupu Monarch Caterpillar sangat cantik dan indah.

4. The Gypsy Moth Caterpillar

Ciri khas dari jenis ulat ini adalah memiliki bulu yang banyak di kepalanya, dan uniknya di badan ulat tersebut hanya sedikit ditumbuhi rambut. Rambut tersebut dapat menyebabkan nyeri dan dermatitis bagi orang yang bersentuhan. Mereka sangat menyukai beberapa jenis daun yaitu mapple, pohon elm dan ek. Ulat ini bisa juga menyebabkan pohon menjadi mati.

5. The Bag Shelter Caterpillar

Diantara semua jenis ulat lainnya, ulat ini sangat beracun dan berbahaya ,bisa mengakibatkan kematian pada manusia. Gejala awal sesak napas dan ruam disekujur tubuh. Ulat ini memakan daun, dan keluar pada malam hari.

6. The Puss Caterpillar

Ulat paling beracun di Amerika Utara adalah Slug Caterpillar Puss atau Woolly. Jangan tertipu oleh penampilan bola berbulu yang kapas karena akan melepaskan asam pada apa pun yang menyentuh dan sarat dengan duri beracun di seluruh tubuhnya. Gejala dari sengatan bisa bertahan beberapa hari dan termasuk sakit kepala, mual dan muntah. Terdapat di pohon jeruk, elm dan ek.

7. The Stinging Rose Caterpillar

Para menyengat flamboyan Rose atau Mawar Slug Caterpillar kurang dari satu inci panjang dan dalam warna merah, oranye dan kuning dengan ungu dan hijau pinstripes. Spesies ini memiliki warna-warni hitam berujung duri dengan kelenjar racun. Menyentuh ulat ini akan menyebabkan ujung duri untuk memutuskan dan racun untuk memasuki kulit. Hal ini dapat menyebabkan ruam kulit iritasi dan reaksi hipersensitif. Ulat ini dapat ditemukan pada tanaman berkayu seperti dogwood, maple, oak, cherry, apel, poplar dan hickory.

8. The Hickory Tussock Caterpillar

Berikut ulat hitam dan putih ditutupi rambut putih keabu-abuan dengan bintik-bintik hitam pada sisi dan jumbai yang hitam di sepanjang tengah punggung. Kedua panjang, tajam, rambut tipis hitam menonjol keluar dari depan dan belakang yang terhubung ke kelenjar ulat racun. Keracunan terjadi ketika terjadinya kontak dengan rambut atau duri dan menyebabkan ruam kulit atau hipersensitivitas. Hickory Tussock Ulat umumnya terlihat dari bulan Juni sampai September dan dapat ditemukan di Kanada bagian selatan dan bagian dari Amerika Utara. Mereka makan selama sekitar delapan minggu pada hickory, kemiri dan kenari di samping pohon elm, oak dan willow.

9. The Io Moth Caterpillar

Saat Io Ngengat Caterpillar berkembang, kelanjutannya dari oranye menjadi hijau terang dengan garis-garis merah dan putih berjalan panjang tubuh. Dua jenis racun yang dilepaskan dari punggung yang memiliki sengatan sangat kuat, yang mengakibatkan rasa terbakar dan peradangan. Mereka memakan banyak pohon dan semak-semak termasuk willow, mapel, elm, oak, holly, aspen, belalang, ceri, pir dan sassafras. Spesies ini dapat ditemukan di terbuka, padang rumput hutan dan ladang jagung dari Februari hingga September.

10. The Spinny Oak Slug Caterpillar

Ulat ini indah hadir dalam pelangi warna pastel termasuk hijau, biru, pink dan kuning dan memiliki panjang kurang satu inch. Hal ini lebih rata dan mempunyai empat kelompok duri gelap dekat ujung belakang. Racun yang dikeluarkan oleh duri dapat menyebabkan reaksi yang parah. Ulat ini suka makan kurma, willow, abu, oak, hackberry dan kastanye bersama dengan pohon-pohon lain dan tanaman berkayu yang lebih kecil. Spesies ini dapat ditemukan di hutan dari selatan


Warna yang cantik tetapi beracun,menurut survey yang ada,setiap makhluk hidup yang memiliki warna mencolok seperti diatas kemungkinan besar sangat mematikan/beracun.
Sekarang saya akan membahas jika kita terkena ulat bulu atau efek ulat bulu pada diri kita,kita akan menjadi gatal gatal pada pemukaan kuli yang disentuh oleh ulat bulu.
Tetapi saya akan memberi tips jika terkena ulat bulu :


  1. Hilangkan bulu ulat yang melekat di kulit Hilangkan bulu ulat uang menempel pada kulit dengan menggunakan kertas, sarung tangan atau selotip. Hilangkan bulu-bulu tersebut secepat mungkin sebelum menyebar ke bagian tubuh lain.
  2. Cuci bagian yang terkena bulu Gunakan air panas atau cuci dengan air dan sabun untuk membantu menghilangkan racun ulat bulu yang tersisa.
  3. Gosok bagian yang kena ulat ato terasa gatal kerambut kepala ini cara yang paling cepat ketika kita mulai merasa gatal kaena ulat bulu gan karena dipercaya, usapan n minyak yang ada di rambut n kulit kepala, bisa netralisir racun dari bulu itu gan
  4. Usap dengan garam Usapkan garam dan gosokkan selama 5 menit pada daerah yang terkena bulu untuk menghilangkan sisa bulu dan racun yang tidak hilang saat dicuci.
  5. Gunakan minyak kelapa atau batu es Gunakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) atau batu es untuk membantu mengobati pembengkakan dan nyeri akibat racun ulat bulu. Bila reaksi pembengkakan berlanjut, segera hubungi dokter karena hal ini bisa menjadi reaksi alergi yang serius.
  6. Jangan digaruk Tahan keinginan untuk menggaruk daerah kulit yang gatal akibat racun ulat bulu. Hal ini bisa menimbulkan luka yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Sebaiknya gunakan krim atau lotion yang bisa mengurangi reaksi gatal karena gigitan serangga.
  7. Pake daun cengek ane dulu pernah baca di majalah jadul, katanya, daun cengek yang di remas sampe kluar airnya bisa menetralisir racun itu gan
  8. Oli bekas untuk pencegahan bila sudah separah di bali, bandung dll, coba di sekeliling rumah agan buat sebuah pagar atau pelingung dari oli bekas, jadi ya minimal ulat terperangkap klo mau masuk ke rumah gan


Sekian dulu cerita atau share saya tentang ulat bulu.maafkan jika ada slah salah kata atau pengucapan.Tetapi buat teman teman sekalian behati hatilah jika tekena ulat bulu dan satu lagi,tidak selamanya yang mencolok dan menarik itu baik,seperti ulat bulu diatas walaupun cantik dan menarik tetapi sangat beracun.sekian kawan.

1 komentar: